KURIKULUM PENDIDIKAN DASAR DALAM PERSPEKTIF GENDER
Abstract
Tulisan ini bermaksud mengkaji tentang implementasi kurikulum pada pendidikan dasar yang berbasis pada kesetaraan gender. Untuk maksud tersebut, penulis melakukan penelitian kualitatif. Dengan melihat berbagai fenomena bias dan diskriminasi gender yang selama ini membudaya, termasuk dalam dunia pendidikan menjadikan upaya untuk membangun kurikulum berperspektif gender menemukan relevansinya. Pendidikan dasar, sebagai upaya membangun pengetahuan, keterampilan dan sikap sejak dini menjadi hal penting dalam sosialisasi dan penanaman keadilan gender.Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa implementasi kurikulum berperspektif gender ini bisa dilakukan melalui beberapa pendekatan, baik secara implisit, eksplisit, perubahan maupun aksi sosial sebagai upaya dalam meminimalisir bias gender yang ada dalam pendidikan, tentunya dengan berbagai formulasi yang ditawarkan.Kata kunci: kurikulum, pendidikan, genderBASIC EDUCATION CURRICULUM IN A GENDER PERS- PECTIVE. This paper intends to examine the implementation of the curriculum in primary education based on gender equality. For that purpose, the authors did a qualitative research. By looking at the various of bias phenomena and gender discrimination that is widespread, including in the world of education is making efforts to build the curriculum based on gender perspective finds its relevance. Primary education, as an effort in building the knowledge, skills and attitude since early phase becomes an important thing in the socialization and instilling the gender justice. From the results of research that has been done, it can be noted that the implementation of the curriculum based on gender perspective can be done through a number of approaches, either implicitly or explicitly, changes, or social action in an effort to minimize the gender bias that exists in education, of course with the variety of formulations that are offered.Keywords: curriculum, primary education, gender