KURIKULUM PENDIDIKAN DASAR DALAM PERSPEKTIF GENDER

Abstract

Tulisan ini bermaksud mengkaji tentang implementasi kurikulum pada pendidikan dasar yang berbasis pada kesetaraan gender. Untuk maksud tersebut, penulis melakukan penelitian kualitatif. Dengan melihat berbagai fenomena bias dan diskriminasi gender yang selama ini membudaya, termasuk dalam dunia pendidikan menjadikan upaya untuk membangun kurikulum berperspektif gender menemukan relevansinya. Pendidikan dasar, sebagai upaya membangun pengetahuan, keterampilan  dan sikap sejak dini menjadi hal penting dalam sosialisasi dan penanaman keadilan gender.Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa implementasi kurikulum berperspektif  gender ini bisa dilakukan  melalui  beberapa pendekatan, baik secara implisit, eksplisit,  perubahan maupun aksi sosial sebagai upaya dalam meminimalisir bias gender yang ada dalam pendidikan, tentunya dengan berbagai formulasi yang ditawarkan.Kata kunci: kurikulum, pendidikan,  genderBASIC EDUCATION CURRICULUM IN A GENDER PERS- PECTIVE. This paper  intends  to examine the implementation  of the curriculum in primary education based on gender equality.  For that purpose, the authors did a qualitative  research. By looking at the various of bias phenomena  and gender discrimination  that is widespread, including in the world of education is making  efforts to build the curriculum based on gender perspective finds its relevance. Primary  education, as an effort  in building  the  knowledge, skills and attitude  since early phase becomes an important  thing in the socialization and instilling  the  gender justice. From  the  results of research that has been done, it can be noted that the implementation of the curriculum based on gender perspective can be done through a number of approaches, either implicitly or explicitly, changes, or social action in an effort to minimize  the gender bias that exists in education, of course with the variety of formulations  that are offered.Keywords:  curriculum, primary education, gender