EVALUASI SISTEM PEMBELAJARAN: TELAAH LANDASAN FILOSOFIS EVALUASI PEMBELAJARAN DI STAIN KUDUS

Abstract

Proses perkembangan sistem pembelajaran yang diterapkan di STAIN Kudus sepenuhnya diarahkan ke dalam transformasi menuju kepada pola-pola dasar yang yang telah dikonstitusikan. Dalam konstitusi keilmuan yang ingin dikembangkan, perspektif tentang Islam Transformatif menjadi landasarn utama pengembangan keilmuan yang dirumuskan.  Berpijak kepada beberapa kebijakan yang telah  dirumuskan oleh pemerintah, penelitian ini menelaah  landasan filosofis evaluasi pembelajaran dalam perspektif pengembangan keilmuan STAIN. Dari rumusan penelitian  ini, diperoleh hasil bahwa landasan  filosofis evaluasi yang dikembangkan di  STAIN Kudus dirancang seutuhnya bersandar kepada Pola Ilmiah Pokok yang telah ditetapkan. Usaha transformasi dari teks ke konteks, individu ke sosial, dari teoritis ke wilayah praksis menjadi lokomotif dasar dalam pengembangan kurikulum STAIN Kudus.Kata Kunci: Evaluasi, Pembelajaran, Kurikulum, FilosofisEVALUATION OF LEARNING SYSTEM (Reviewing Philosophic Evaluation of Teaching and Learning in STAIN Kudus). In the process of teaching and learning development,  a learning system that is applied in STAIN Kudus  fully geared towards the transformation  into the basic patterns that have been constituted. In the science constitution, a perspective on Transformative Islam becomes a major foundation in formulated  scientific development. Based on some policies that have been formulated  by the government, this research reviewed philosophy fondation of learning evaluation in the science development perspective of STAIN. This research revealed that the philosophical foundation of evaluation  developed  in STAIN Kudus is  designed  completely rely on the pattern of Principal Scientific predetermined. Enterprises transformation from text to context, the individual to the social, from the theoretical to the practical region became the basis for curriculum development in STAIN Kudus.Keywords: Evaluation, Learning , Curriculum, Philosophical