INTERVENSI TEORI PERKEMBANGAN MORAL LAWRENCE KOHLBERG DALAM DINAMIKA PENDIDIKAN KARAKTER
Abstract
Pendidikan karakter sangat berperan dalam membentuk kepribadian siswa sebagai agen perubahan. Banyak pendidik tidak memahami hubungan yang sangat tertutup antara moral dan karakter. Selama ini pendidik hanya mengaktualisasikan konsep pendidikan karakter sebagai produk yang siap digunakan oleh siapa saja, kapan saja dan kepada setiap orang tanpa mendalam memahami teori dasar yang mendasari lahirnya konsep. Selain itu, tahap perkembangan moral peserta didik berpartisipasi dalam proses pencapaian sukses dampak besar dari pendidikan karakter. Tulisan ini diharapkan memberikan wawasan pendidik untuk mampu memahami terutama keberadaan aspek moral dan perkembangan, sehingga melalui pemahaman ini, mereka akan mendapatkan teknik pendidikan karakter yang efektif dan memiliki relevansi dengan peserta didik. Kajian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan. Hasil dari pembahasan didapatkan bahwa pendidik perlu memahami konsep Lawrence Kohlberg pada tahap perkembangan moral, pendidik perlu menerapkan tiga komponen utama pendidikan karakter yang meliputi moral yang mengetahui, perasaan moral, dan perilaku moral sebanding dengan aspek moral dan perkembangan.Kata kunci: pendidikan, karakter, pengembangan, moralINTERVENTION OF LAWRENCE KOHLBERG’S MORAL DE- VELOPMENT THEORY IN THE DYNAMICS OF CHARACTER EDUCATION. Character education is very important in forming the students’ personality as agents of change. Many educators do not understand the closed relationship between the moral and character. During this period, educators only actualize the character educational concept as a product that is ready to be used by anyone, anytime and to any person without deeply understanding the basic theory underlying the birth of the concept. Moreover, the learners’ moral development stages participate in the process of achieving a big impact success of character education. This article is expected that educators could comprehend especially the existence of moral and developmental aspects, so that through this understanding , they will get an effective character educational techniques and have relevance to the learners. This study uses library research. Te result of this study is that the educators need to understand the Lawrence Kohlberg concept on moral developmental stages, educators are able to implement the three main components of character education.Keywords: character, education, moral, development