IMPLIKASI BUDAYA SEKOLAH TERHADAP PERI KEHIDUPAN AKADEMIS

Abstract

Kajian penelitian  ini bertujuan untuk memperoleh gambaran secara utuh bagaimana sebuah lembaga pendidikan terbuka SMP Alternatif Qoriyah Thoyyibah Salatiga dalam membangun budaya sekolah. Sebuah institusi yang dapat berdiri berdasarkan dukungan lingkungan dan mampu memberikan kontribusi kepada warganya dimana anak-anak mereka mendapatkan pendidikan yang murah, dekat, namun berkualitas.  Beberapa rumusan masalah yang akan dijawab diantaranya (1)  Bagaimanakah penyelenggaraan pendidikan SMP Terbuka Qoriyah Thoyyibah  Salatiga dalam membangun budaya sekolahnya?  (2)  Bagaimanakah  dampak budaya sekolah tersebut terhadap kehidupan akademisnya? (3) Gejala budaya manakah yang berdampak terhadap pembentukan sistem  kehidupan  akademis yang  kondusif ?   Penelitian    ini menggunakan jenis penelitian   deskriptif   kualitatif   dengan pendekatan etnografi. Metode etnografi adalah metode penelitian kualitatif yang mengkaji perilaku manusia dalam setting alamiah dengan fokus interpretasi budaya terhadap perilaku  manusia. Hal ini dpandang tepat menggingat setting sekolah merupakan komunitas budaya atau merupakan komunitas masyarakat yang terdiri dari berbagai macam responden.kata kunci: pendidikan, budaya, sistem akademisTHE IMPLICATION OF SCHOOL CULTURE TO ACADEMIC LIFE VALUE. This research study aims to obtain a full description about how an educational  institution  opened in SMP Alternatif Qoriyah Thoyyibah Salatiga to build a school culture. An institution can be established under the support of the environment and able to contribute to its citizens where their children get a cheap, close education and have high quality. The statements of the problem were: (1) How was the provision of SMP Alternatif Qoriyah Thoyyibah Salatiga in building a school culture? (2) What was the cultural impact of the school on academic  life? (3) Which  cultural symptoms that affect the establishment of a conducive  academic  life? This  research used descriptive qualitative  research with an ethnographic approach. It was a qualitative research method that examines human  natural attitudes focusing on the culture interpretation toward the human’s behavior. It is appropriate  since The school setting is cultural  community  which includes various respondents.keywords: education, culture, academic systems