ANALISIS VALIDITAS DAN RELIABILITAS TES MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TINGKAT SMA

Abstract

Ujian Sekolah/madrasah sering mendapat perhatian lebih dari praktisi sebagai pentingnya pendidikan, terutama dalam 5 tahun terakhir,  yaitu sejak berdirinya ujian nasional.  Penelitian  ini bertujuan: (1) untuk mengetahui prosedur penyusunan tes ujian akhir mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA; (2) untuk mengetahui tingkat validitas; dan (3) untuk mengetahui tingkat reliabilitas tes ujian akhir mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran (mixed method kualitatif-kuantitatif  model Sequential Explanatory Design.  Hasil   penelitian   ini  adalah: (1)  Pelaksanaan  Ujian Sekolah Berstandar Nasional Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (USBN-PAI) pertama kali dilaksanakan tahun pelajaran 2010/2011 berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam nomor: DJ.1/754/2010 tentang Pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam pada SD, SMP, SMA/SMK tahun pelajaran 2010/2011; (2) soal ujian Pendidikan  Agama Islam memiliki validitas isi sebesar 99,98 %; dan (3) nilai reliabilitas tes sebesar 0,89. Berdasarkan nilai tersebut, berarti memiliki reliabilitas sangat tinggi. Kata kunci: validitas, reliabilitas, ujian, PAI, sekolah.ANALYSIS STUDY OF  VALIDITY AND RELIABILITY ON ISLAMIC EDUCATION’ TEST IN NATIONAL EXAMINATION OF  SENIOR HIGH SCHOOL.  School  examination   gets  more attention from scientists because of the education importance, especially this last 5 years. It is since the National examination held. This research had three purposes: (1) knowing the procedure of arranging national examination test of Islamic Education subject for Senior High School; (2)  knowing the validity; and (3)  knowing  the  reliability of the Islamic Education test. This research used mixed method (qualitative and quantitative), Sequential Explanatory Design. The results showed that: (1) national-standard  school examination  for Islamic Educion has been started  on 2010/2011 based  on the wisdom of Islamic Education  General  Director  number:  DJ.1/754/2010  about the implementation of national-standard  school examination  for Islamic Education subject for Elementary, Junior and Senior High School; (2) the Islamic Education test had validity 99,98 %; and (3) the Islamic Education test had reliability 0,89. It means that the test had high reliability.Keywords: validity, reliability, examination, Islam, school.