PENDIDIKAN PENANAMAN SISTEM NILAI DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAQ

Abstract

Tulisan ini mengkaji tentang nilai-nilai  yang terdapat dalam pembelajaran  aqidah akhlaq. Desain pembelajaran  yang digunakan adalah desain penulisan telaah  pustaka.  Jenis data dalam kajian ini adalah literatur yang terkait dengan tema kajian. Islam berkaitan dengan pendidikan spiritual dan membersihkan jiwa dari kejahatan, kebohongan,  kemunafikan, dan prasangka terhadap seseorang tanpa sebab. Dalam pendidikan formal, guru menjadi mentor siswa dalam memiliki akhlakul karimah, dengan menjadi model peran yang baik. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa sumber utama dalam penanaman sistem nilai selain Al- Qur’an dan Al-Sunnah yaitu nilai duniawi, pikiran, adat istiadat dan kenyataan alam.Kata kunci: internalisasi, sistem, nilai, aqidah, pembelajaran, moralitasTHE  EDUCATION OF  GROWING VALUED SYSTEM IN AQIDAH AKHLAQ LEARNING. This article examines the values contained int the aqidah akhlaq learning. The design oh this study is library research. The data of this study are literatures which relates with the topic. Islam is concerned with the spiritual education and cleanse the soul from malice, deceit, hypocrisy, and prejudice against someone without cause. In formal education, the teacher becomes the students’ mentor in having akhlakul karimah, by being good role models. The results of this study showed that the main sources in the growing valued system except Al-Qur’an and Al- Sunnah are worldly values, thoughts, customs, and the reality of nature. Keywords: valued, system, internalization, aqidah, morality, learning