KONSEP PENDIDIKAN ANAK MENURUT IBNU KHALDU>N DALAM KITA>B MUQODDIMAH

Abstract

Kajian ini mengeksplorasi tentang konsep dan pemikiran Ibnu Khaldu>n  tentang pendidikan anak yang menyoroti mengenai peran, tugas dan tanggung jawab pendidik terhadap anak dalam proses belajar mengajar atau interaksi edukatif. Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Konsep pendidikan anak menurut Ibnu Khaldun> dalam kitab Muqaddimah didasarkan pada Alquran, kemudian dilandasi dengan ketentuan intelektual dan akal. Tujuan pendidikan  anak menurut pemikiran Ibnu Khaldu>n   dalam kita>b   Muqaddimah adalah membentuk anak supaya memiliki akhlak yang mulia, kepribadian yang baik dan tangguh, memiliki malakah  atau ketrampilan dan menguasai ilmu-ilmu agama (naqliyah) dan ilmu-ilmu umum (aqliyah) untuk eksistensi kelangsugan hidup mereka. Hasil dari kajian ini menunjukkan bahwa konsep pendidikan anak menurut Ibnu Khaldu>n dalam kita>b Muqaddimah  nya ternyata relevan dengan tokoh-tokoh pendidikan Barat, misalnya Locke, J.J.  Rousseau Locke, Fouerster, dan John Dewey, meskipun dasar pijakan dalam berpikir mereka berbeda dengan Ibnu Khaldu>n, dimana mereka lebih menekankan dan didominasi oleh pijakan akal dan rasional.Kata kunci: pendidikan, Ibnu Khaldu>n, kita>b MuqaddimahTHE CONCEPT OF THE CHILDREN EDUCATION ACCORDING TO IBN KHALDU>N (STUDY ON THE BOOK OF THE MUQADDIMMAH). This study explores the concept and thought of Ibn Khaldu>n about the children education that highlights about the role, duties and responsibilities of educators in the process of teaching and learning or educational interaction. This study uses library research. The concept of the children education according to Ibn Khaldu>n in the book of Muqaddimmah are based on the Qur’an, and then be based on the intellectual  provisions and sense. The purpose of the children education according to Ibn Khaldu>n’s thought in the book of Muqaddimmah is forming the children to have noble morals, good and tough personality, skills and master the religious studies (naqliyah) and general studies (aqliyah) for their lives existence. The result of this study show that the concept of the children education according to Ibn Khaldu>n  in the book of Muqaddimmah  is still relevant to Western  education  figures, such as Locke, Rousseau, Locke, J.J. Fouerster, and John Dewey, but their basic in thinking are different with Ibn Khaldu>n, they are more stressed and dominated  by reason and rational basic.Keywords:  children education, Ibn Khaldu>n, Muqaddimmah book