LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKA KETERAMPILAN BELAJAR SISWA
Abstract
Artikel ini ditulis untuk memberikan gambaran tentang layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan keterampilan belajar siswa kelas X MIA 8 SMA Negeri 1 Kudus. Untuk maksud tersebut penulis menggunakan metode observasi yang dilaksanakan dalam dua siklus. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif prosentase dengan cara membandingkan skor hasil penghitungan dari kondisi awal hingga siklus kedua sehingga peningkatan keterampilan belajar melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas X MIA 8 SMA Negeri 1 Kudus dapat diukur dan diketahui dengan valid dan tepat. Layanan bimbingan kelompok ini menunjukkan peningkatan keterampilan belajar siswa. Berdasarkan hasil, dari 11 subjek penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan belajar siswa rata-rata 12. Dengan peningkatan keterampilan belajar ini diharapkan dapat membantu siswa dalam mencapai prestasi yang optimal.Kata kunci: keterampilan, belajar, bimbingan, kelompokGROUP COUNSELING SERVICE TO IMPROVE STUDENTS’ LEARNING SKILLS. This article was written to provide an overview of group counseling services in improving the student’s learning skills of class X MIA 8 SMA Negeri 1 Kudus. For that purpose, the researcher used the method of observation which was done in two cycles. The data analysis in this research use the descriptive analysis percentage by comparing the extrapolation result score of the first condition to the second cycle with the result that the students of Class MIA 8 SMA Negeri 1 Kudus skills improvement can be measured and known accurately and valid. This group counseling service showed an increase in students’ learning skills. Based on the results, the study of 11 subjects showed an increase in students’ learning skills of the average 12. With the improvement of learning skills is expected to assist students in achieving optimal performance.Keywords: skills, learning , group counseling service