AUDIENCE CENTERED PADA METODE PRESENTASI SEBAGAI AKTUALISASI PENDEKATAN STUDENT CENTERED LEARNING
Abstract
Penulisan artikel ini dilatarbelakangi oleh adanya perubahan paradigma dari guru sebagai pusat dalam pembelajaran/ Teacher Centered Learning (TCL) kepada siswa sebagai pusat dalam pembelajaran/Student Centered Learning (SCL). Untuk maksud tersebut, penulis melakukan penelitian kualitatif dengan memfokuskan pada metode presentasi sebagai salah satu metode yang dapat diaplikasikan untuk mengaktualisasikan Student Centered Learning (SCL) dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Metode ini dapat diterapkan pada fokus menempatkan audiens sebagai komponen penting dalam keberhasilan pembelajaran aktif. Peran guru di sini adalah hanya sebagai seorang hakim super yang memungkinkan presenter untuk menangani kegiatan kelas dan menerapkan beberapa teknik untuk membuat para audien aktif dan interaktif.Kata kunci: Student Centered Learning (SCL), presentasi, audiens sebagai pusat pembelajaranAUDIENCE CENTERED ON THE METHOD OF PRESENTATION AS THE ACTUALIZATION OF STUDENT LEARNING CENTERED APPROACH. The writing of this article was based on the changing of the paradigm from Teacher Centered Learning (TCL) to Student Centered Learning (SCL). For that purpose, the author did a qualitative research by focusing on the presentation method as one of methods that can be apply to actualize the SCL in the learning process in classroom. This method could be applied on the focus of audience centered that places the audience as the important component in the success of an active learning. The role of the teacher here is only as a super judge who lets the presenters to handle the classroom activities and apply some techniques to make their audience be active and interactive.Keywords: Student Centered Learning (SCL), presentation, audience centered