MODEL EVALUASI PEMBELAJARAN MATA KULIAH STRATEGI PEMBELAJARAN PAI

Abstract

Model  evaluasi pembelajaran  harus  senantiasa ditingkatkan kualitasnya, tidak hanya pada proses belajar mengajar di kelas saja. Model  evaluasi pembelajaran  akan meningkatkan kualitas belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji model pembelajaran yang dipakai dalam proses belajar mengajar mata kuliah Model  Belajar  Mengajar Pendidikan Islam dan untuk mengetahui peran antar  variabel yaitu   proses  pembelajaran mata kuliah strategi pembelajaran  pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap output pembelajaran mata mata kuliah Strategi Pembelajaran  pendidikan Agama Islam (PAI). Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa  Tarbiyah Jurusan Pendidikan Islam, STAIN  Kudus  yang  berjumlah 152  orang.  Subjek penelitian diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data  dilakukan   dengan  menyebarkan angket dan analisis menggunakan   Structural  Equation  Model (SEM). Hasil  penelitian   ini  menunjukkan bahwa pengaruh  proses pembelajaran  mata kuliah Strategi Pembelajaran  PAI terhadap output  pembelajaran  mata kuliah strategi pembelajaran  PAI dapat diterima. Dan proses pembelajaran mata  kuliah strategi pembelajaran  pendidikan  Agama Islam (PAI) memiliki pengaruh besar terhadap output pembelajaran mata mata kuliah Strategi Pembelajaran pendidikan Agama Islam (PAI).Kata kunci: model, evaluasi, pembelajaran, pendidikan,  PAI.EVALUATION MODEL ON  “STRATEGI  PEMBELAJARAN PAI” TEACHING. Teaching evaluation model should be improved, not only its teaching and learning process. Teaching evaluation model improve the teaching and learning quality. This research aims to test the process of learning and teaching subject lesson of process of learning and teaching Islamic Education model and to know the analysis result of variables. They are teaching and learning process of subject ‘Strategi Pembelajaran PAI’ (Learning Strategy of Islamic Education).  The subjects in this research were Tarbiyah Department students on Islamic Education  Major of Kudus State Islamic College. The subjects in this study taken by using random  sampling  technique. They were 152 students. The data collection conducted by disseminating questionare. The analisis used Structural Equation Model (SEM). Then, the result of research showed that the influence of teaching and learning process to the output  was received and the process of learning and teaching had good influence to the learning and teaching output.Keywords: model, evaluation, learning , education islam