PEMBELAJARAN MELALUI BRAIN BASED LEARNING DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk memberikan gambaran serta menganalisis model pembelajaran melalui “brain based learning” dalam pendidikan anak usia dini. Penelitian ini berbentuk penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan metode pendekatan deskriptif analisis terhadap tema-tema Brain based learning yang merupakan model pembelajaran yang sangat tepat diterapkan dalam pendidikan anak usia dini. Pembelajaran dan pengajaran Brain based mengacu pada pemberdayaan potensi otak. Ada tiga strategi dalam brain based learning. Pertama, menciptakan lingkungan belajar yang menantang kemampuan berfikir siswa. Kedua, menciptakan lingkungan pembelajaran yang menyenangkan. Ketiga, Menciptakan situasi yang aktif dan bermakna bagi siswa (active learning). Pada periode anak usia dini seluruh aspek perkembangan anak sangat peka, sehingga masa ini perlu dikelola secara optimal melalui upaya berbagai stimulasi yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak. Dengan mengetahui perkembangan anak, brain based learning sesuai diterapkan dalam pengajaran dalam pendidikan anak usia dini.kata kunci: pembelajaran, pendidikan, anak usia dini, brain based learningBRAIN BASED LEARNING IN CHILDHOOD EDUCATION. This article aims to provide an overview of the learning through brain based learning in childhood education. This study is library research by using analytical descriptive approach to Brain based learning themes as a learning model actually has its own interesting bargaining power to be applied in the learning process ecpecially in the Early Childhood Education. Brain-based teaching and learning offers a concept to create learning oriented to the empowerment of student’s brain potential. There are three strategies that can be developed in implementation of brain based learning. First, create a learning environment that challenges students’ thinking ability. Second, create a fun learning environment. Third, create a situation of active and meaning ful for students. By knowing the brain development in children, parents and teachers can apply the appropriate education and teaching to the children.Keywords: learning , early childhood education, brain based learning