PERAN KELUARGA, SEKOLAH, DAN MASYARAKAT DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER BERKUALITAS

Abstract

Pendidikan karakter merupakan langkah  sangat penting dan strategis dalam  membangun kembali jati  diri  bangsa dan menggalang pembentukan masyarakat Indonesia baru. Pendekatan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa membentuk  siswa yang berkarakter bukan suatu upaya mudah dan cepat. Hal tersebut memerlukan upaya terus menerus dan refleksi mendalam  untuk membuat rentetan (Moral  Choice)  keputusan moral yang harus ditindaklanjuti dengan aksi nyata, sehingga menjadi hal yang praktis dan reflektif. Diperlukan sejumlah waktu untuk membuat semua itu menjadi (custom) kebiasaan dan membentuk watak atau tabiat seseorang. Karakter pendidikan harus  melibatkan   berbagai pihak,   di keluarga dan rumah tangga, lingkungan sekolah, dan masyarakat. Hal ini merupakan langkah utama yang harus dilakukan ialah menyambung kembali hubungan dan jaringan pendidikan yang nyaris putus diantara ketiga lingkungan  pendidikan tersebut. Pembentukan sifat dan karakter pendidikan tidak akan pernah berhasil  selama  diantara ketiga lingkungan  pendidikan tidak ada keharmonisan dan kesinambungan. Melihat kenyataan ini, membentuk  karakter siswa yang berkualitas diperlukan pengaruh yang kuat dari keluarga, sekolah, dan mayarakat.Kata kunci: peran keluarga, sekolah, masyarakat, karakterROLE OF THE FAMILY, SCHOOL AND SOCIETY IN CREATING A QUALITY CHARACTER. Character education is a very important  and strategic step in the rebuilding of national identity and mobilize  the formation  of new Indonesian  society. This study uses library research. The result of this study is that forming character of students  is not an easy and quick effort. It requires continuous effort and deep reflection to make  a series of Moral Choice (moral judgment) that must be followed  up with concrete action,  so that it becomes practical and reflective. The necessary amount  of time to make it into a custom (habit) and establish a character or a person’s character. Character education should involve various stakeholders, in the family and household, school, and community. This is a major step that must be done  is to reconnect the relationship and educational networks that breaking point between the third educational environment. The formation of the nature and character education will never succeed as long as the third among the educational environment there is no harmony and continuity.Keywords: The role of family, school, community, character