KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MEWUJUDKAN PEMBELAJARAN EFEKTIF DI MADRASAH IBTIDAIYYAH RAHMAH EL YUNUSIYYAH DINIYYAH PUTERI PADANG PANJANG
Abstract
Abstract: This study was aimed at describing the headmaster’ leadership of Islamic Primary School Rahmah El Yunusiyyah in applying effective learning. The informants of this study were sectional leader of education, headmaster, teachers, staffs, parents and students. This study applied qualitative case study. The headmaster’s leadership of Islamic Primary School Rahmah El Yunusiyyah produced many achievements. The effective learning was done in order to produce students’ good attitude and achievement. The headmaster’s leadership was seen good, because his caring on developing teachers and students’ participation. The headmaster applied 1) technical skills; 2) human skills; and 3) conceptual skills on his leadership. The headmaster suggested the teachers to use Curriculum 2013 and School Based Curriculum by using domain approach. The domain approach tend to grow the project based character building in order to empower students’ understanding. The school was also did learning by using environment and earth. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepemimpinan Kepala Madrasah dalam mewujudkan pembelajaran efektif di Madrasah Ibtidaiyyah Rahmah El Yunusiyyah. Partisipan dalam penelitian ini adalah semua Kasi Pendidikan Madrasah, Kepala Madrasah, tenaga pendidik dan kependidikan, orang tua siswa, dan siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa kepemimpinan Kepala Madrasah telah menghasilkan prestasi-prestasi gemilang. Pembelajaran efektif dilaksanakan dengan menghasilkan peserta didik yang berakhlak mulia dan berprestasi. Kepemimpinan Kepala MI REY dinilai baik, karena kepedulian Kepala MI REY dalam mengembangkan kemampuan partisipatif guru dan siswa. Kepala MI REY berusaha memenuhi sarana prasarana untuk kelancaran pembelajaran. Kepala MI REY telah menerapkan 1) technical skills; 2) human skills; dan 3) conceptual skills. Kepala MI REY mengharuskan guru menggunakan Kurikulum 2013 dan KTSP dengan Pendekatan Domain. Pendekatan domain menitikberatkan pada.penanaman nilai karakter siswa program unggulan pembelajaran efektif berbasis proyek, yang bertujuan untuk menguatkan pemahaman peserta didik dengan materi yang diberikan. Selain itu MI REY melaksanakan pembelajaran dengan lingkungan dan alam.