PERGANTIAN SKENARIO OTOMATIS PADA GAME TAJWID MENGGUNAKAN FUZZY SUGENO

Abstract

Game akan menarik dan menyenangkan untuk dimainkan apabila cerita dalam game tersebut dapat memberikan tantangan dengan cerita yang dapat berubah sesuai dengan kondisi pemainnya. Perubahan cerita tersebut dapat membuat rasa penasaran pemain, sehingga dapat menumbuhkan rasa penasaran pemain terhadap game tersebut. Dalam penelitian ini dibahas tentang penerapan fuzzy sugeno dalam perubahan skenario game Tajwid agar pemian di setiap level bisa memainkan skenario yang berbeda. Dalam setiap level terdapat 3 skenario yaitu skenario mudah, menengah dan sulit. Skenario itu didapat dari inputan pemain pada level sebelumnya. Inputan untuk perubahan skenario berupa jumlah score dan jumlah nyawa player. Jadi setiap pemain akan mendapat skenario yang berbeda di level berikutnya dari hasil jumlah score dan jumlah nyawa di level sebelumnya. Fuzzy sugeno ini berfungsi untuk mengatur skenario yang cocok yang akan pemain dapatkan di level berikutnya sesuai inputan yang didapat di level sebelumnya. Genre yang di gunakan dalam penelitian ini adalah RPG (Role Playing Game). Kata kunci : Game, Skenario Game, Fuzzy Sugen, RPG