Analisis Dan Pengembangan Sistem Self Services Terminal (SST) Dengan Pendekatan PIECES Pada STMIK Pradnya Paramita Malang

Abstract

Abstract - Kebutuhan akan sistem informasi telah memberikan dampak atau pengaruh terhadap sebuah institusi atau organisasi. Bukan organisasi saja melainkan sampai dengan bisnis dan transaksi organisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan sebuah sistem dari Self Services Terminal (SST) dan berdasarkan analisis PIECES sehingga diketahui kekuatan dan kelemahan yang kemudian diperlukan pengembangan Self Services Terminal (SST) guna kemajuan STMIK Pradnya Paramita Malang. Metode PIECES yang terdiri dari Performance, Information/data, Economic (ekonomi), Control/security, Efficiency, Service. Metode penelitian yang digunakan adalah pengumpulan data dan pengembangan sistem. Hasil dari penelitian adalah adanya perbaikan, pengembangan berdasarkan analisis PIECES yang bermanfaat bagi seluruh pihak yang menggunakan SST. Berdasarkan Kuisioner yang dibagikan kepada 100 responden dengan kerangka kerja PIECES Sistem SST pada STMIK Pradnya Paramita Malang adalah baik dengan sebagian besar responden memberikan jawaban baik sebesar 47% dengan nilai 3,52, sedangkan masing-masing aspek yang terdiri dari pertama Aspek Performance (Kinerja) adalah baik dengan nilai 3,48, Kedua, aspek information (informasi) adalah baik dengan nilai 3,64, Ketiga, aspek economic (ekonomi) adalah cukup baik nilainya 3,08, Keempat, aspek control (kontrol) adalah baik dengan nilai 3,64, Kelima, aspek efficiency (Efisiensi) adalah baik dengan nilai 3,55 dan Keenam, aspek services adalah baik dengan nilai 3,69.