Implementasi Manajemen Strategi dalam Pengembangan Budaya Organisasi pada Perguruan Tinggi Islam Studi Kasus di UIN Maliki Malang
Abstract
This article elucidated the strategic management of developing Islamic culturein the State Islamic University of Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki)Malang. Strategic management could be applied to every organization size andto every organization level. The strategic management applied from the top tothe lower level units. The development of Islamic culture is an important partof the mission and vision of UIN Maliki Malang which has experienced ongoing metamorphosis starting from IAIN, STAIN, and UIN Maliki Malang.This case study used a qualitative research method. The reseacher found that,the changes of UIN Maliki Malang were relatively fast and this development certainly needed a careful handling to improve the quality of the noble cause of education in an Islamic institution. However, the implementation of Islamicvalues has still a big gap between values and reality in its application. Controlfunction of management concept should be applied to ensure the embodyingvalues to Campus or people. The organizational leadership in the institutionof UIN Maliki Malang needed to be more empowered and implemented inaccordance with the principles of shining noble teachings of the Qur’an andHadith. The available resources must be utilized as much as possible. Finally, itconcluded that the concepts of quality improvement management with variousmodels and approaches that were available should be also embedded in the form of Islamic values. Artikel ini memapaparkan tentang manajemen strategik pada pengembanganbudaya Islami di perguruan tinggi Islam, studi kasus di Universitas IslamNegeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang. Manajemen strategikbisa diterapkan pada segala ukuran organisasi dan pada setiap level organisasidan didalam jenjang organisasi. Manajemen strategik dimulai dari level teratasdari organisasi strategik hingga tingkat paling bawah pada unit-unit organisasi.Pengembangan budaya Islami merupakan bagian penting dari manajemenstrategik dalam upaya mencapai visi dan tujuan organisasi UIN Maliki Malangyang telah mengalami perubahan mulai dari institut cabang Surabaya (IAIN)sekolah tinggi (STAIN), dan universitas (UIIS) hingga seperti sekarang ini (UINMaliki Malang). Dengan menggunakan studi kasus dibawah payung metode penelitian kualitatif, penulis menemukan bahwa perubahan organisasi UIN Maliki Malang relatif sangat cepat dan pengembangan (perubahan) ini tentumembutuhkan penanganan yang cermat dan hati-hati untuk meningkatkankualitas tujuan mulia pendidikan pada organisasi Islam seperti di UIN MalikiMalang. Namun demikian, implementasi nilai-nilai Islam di lapangan masihterdapat kesenjangan cukup besar antara nilai dan kenyataan. Fungsi pengawasansemestinya diterapkan untuk memastikan nilai-nilai tersebut melekat erat dikampus dan sivitas akademika. Kepemimpinan organisasi di lembaga UINMaliki Malang tampaknya perlu lebih diberdayakan dan diterapkan sesuaiprinsip-prinsip ajaran mulia yang bersumber pada al-Quran dan Hadist. Berbagaisumber yang tersedia masih perlu dimanfaatkan seoptimal mungkin untukmencapai tujuan dari perubahan organisasi tersebut. Pada akhirnya, perubahanini meliputi pula konsep manajamen peningkatan mutu dengan berbagai modeldan pendekatan yang dimungkinkan dalam bentuk nilai-nilai Islam.