PROFIL KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN DISCOVERY INQUIRY PADA KONSEP KOLOID

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan berpikir kritis siswa setelah proses pembelajaran. Metode penelitian kelas digunakan dalam penelitian ini untuk memperbaiki kualitas pembelajaran di kelas melalui penerapan pembelajaran discovery inquiry. Subjek penelitian ini adalah 42 siswa kelas XI IPA di salah satu Sekolah Menengah Atas (SMA) di Jawa Barat. Instrumen yang digunakan adalah deskripsi pembelajaran, lembar kerja siswa, tes keterampilan berpikir kritis, dan pedoman observasi. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan berpikir kritis siswa setelah pembelajaran secara keseluruhan termasuk pada kategori sangat baik (nilai 81). Pencapaian keterampilan berpikir kritis tertinggi pada indikator mengidentifikasi contoh (89) dan terendah pada indikator membuat kesimpulan (72). Kelompok prestasi tinggi pencapaiannya tertinggi (90), sedangkan kelompok prestasi rendah pencapaiannya paling rendah (73).