KONSEP PENDIDIKAN ANAK DALAM PERSPEKTIF IBNU HAJAR AL-HAITAMI (Ragam Eksplorasi Kitab Tahrīru al-Maqōl Fī Adābi Wa Ahkāmi Wa Fawā’idu Yahtāju Ilaihā Muˋaddibū al-Aṭfāl)

Abstract

Menurut Ibnu Hajar al-Haitami tujuan pendidikan anak-anak adalah merawat, mengembangkan, dan memaksimalkan potensi peserta didik dalam memahami kitabulloh, berakhlak mulia, dan hidup mandiri. Dalam rangka memenuhi tujuan pendidikan tersebut Ibnu Hajar al-Haitami menulis sebuah kitab yang secara khusus mengulas seluk beluk tujuan pendidikan, aliran pendidikan, kompetensi pendidik, teknik pendidikan anak, biaya pendidikan, dan karakteristik lembaga pendidikan anak. Keenam komponen tersebut oleh Ibnu Hajar al-Haitami di ketengahkan dalam buku Tahrīru al-Maqōl Fī Adābi Wa Ahkāmi Wa Fawā’idu Yahtāju Ilaihā Muˋaddibū al-Aṭfāl. Ruang lingkup penelitian ini adalah enam aspek pendidikan yang termaktub dalam kitab Tahrīru al-Maqōl Fī Adābi Wa Ahkāmi Wa Fawā’idu Yahtāju Ilaihā Muˋaddibū al-Aṭfā, menggunakan teknik penelitian deskriptif content anaylisis, jenis penelitian pustaka, dan memakai pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data primer adalah Tahrīru al-Maqōl Fī Adābi Wa Ahkāmi Wa Fawā’idu Yahtāju Ilaihā Muˋaddibū al-Aṭfāl sedangkan data sekundernya adalah berbagai kitab yang membahas biografi Ibnu Hajar al-Haitami. Sedangkan prosedur penelitian dilakukan melalui tiga tahap: pengumpulan data, pengolahan data, dan pelaporan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) tujuan pendidikan anak i terpusat pada potensi materiall dan non material peserta didik; (2) aliran pendidikan anak menggunakan aliran agamis-konserfativ; (3) teknik pendidikan yang paling banyak menyita Ibnu Hajar adalah teknik takzir; (4) kompetensi pendidik yang paling utama adalah kompetensi personal dan sosial; (5) pembiayan pendidikan dapat diperoleh dari tiga faktor: gaji, wakaf, dan hibbah; dan (6) lembaga pendidikan berupa maktab dan madrosah.