BUDAYABERBAHASAASINGDISDLABORATORIUM UNIVERSITAS NEGERI MALANG KOTA BLITAR

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, Pertama, mengetahui budaya bahasa asing di SD Laboratorium UM Kota Blitar. Kedua, untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi budaya bahasa asing. Jenis penelitian adalah kualitatif, pendekatan studi kasus. Tempat penelitian dilakukan di SD laboratoriumUM Kota Blitar. Studi kasus budaya berbahasa asing dan faktor-faktor determinannya, sedangkan subyeknya kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, dan murid. Data-data dikumpulkan dengan teknik wawancara mendalam, dokumentasi dan observasi. Pengukuran keabsahan data menggunakan; credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Analisis data dilakukan secara berjenjang dan saling terkait antara reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.  Penelitian ini menyimpulkan bahwa; Pertama, budaya bahasa asing dikembangkan melalui tiga tahapan yaitu perencanaan, implementasi, dan evaluasi. Kedua, faktor-faktor yang mempengaruhi budaya bahasa asing adalah sistem/software pengelolaan lembaga, kuata guru berbahasa inggris, model pembelajaran, dan sarana prasarana pembelajaran.