Jurnalistik Dan Minat Mahasisiwa (Studi Pengaruh Mata Kuliah Jurnalistik Terhadap Minat Mahasiswa Kpi Iaida Blokagung Banyuwangi Menjadi Jurnalis)

Abstract

Penelitian ini difokuskan untuk menganalisis pengaruh mata kuliah jurnalistik terhadap minat mahasiswa KPI IAIDA Blokagung Banyuwangi menjadi Jurnalis. Dengan populasi sekaligus sampelnya yaitu mahasiswa KPI IAIDA Blokagung Banywangi angkatan 2014 yang berjumlah 20 mahasiswa. Jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan pendekatan etik, dalam arti bahwa peneliti mengumpulkan data dengan menetapkan terlebih dahulu konsep sebagai variabel-variabel yang berhubungan yang berasal dari teori yang sudah ada yang dipilih oleh peneliti. Hanya dari indikator yang telah ditetapkan tersebut dibuat angket, pilihan jawaban dan skor-skornya. Dalam penelitian ini, pengumpulan datanya dengan  menyebarkan angket kepada mahasiswa KPI IAIDA Blokagung Banyuwangi angkatan 2014. Setelah melakukan analisa data yang dikumpulkan, peneliti menemukan bahwa ada pengaruh antara mata kuliah jurnalistik (X) terhadap minat mahasiswa KPI IAIDA Bl okagung Banyuwangi menjadi jurnalis dengan menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment tergolong kuat. Sedangkan untuk menyatakan besar kecilnya kontribusi (sumbangan) variabel X terhadap Y atau koefisien determinan = r2 x 100% = 0,67 x 100% = 44,89%, sisanya sebesar 55,11% ditentukan oleh variabel lain.Sedangkan untuk menguji signifikansi adalah dengan menggunakan rumus thitung dan di dapat nilaithitung = 3,831 dan ttabel = 1,734 yang berartithitunglebih besar darittabel atau 3,831 >1,734, yang berarti data tersebut signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis Ha yang diajukan diterima, sedangkan hipotesis Ho di tolak, yang berarti kesimpulannya adalah: “Ada pengaruh yang signifikan antara Mata Kuliah Jurnalistik Terhadap Minat Mahasiswa KPI IAIDA Blokagung Banyuwangi menjadi Jurnalis