KONSEP DAN DESAIN PENDIDIKAN AKHLAK DALAM ISLAMISASI PRIBADI DAN MASYARAKAT
Abstract
Di dalam Islam, akhlak memiliki kedudukan sangat mulia. Dalam banyak nash baik al-Qur’an maupun hadits Rasulullah telah dijelaskan berbagai keutamaan akhlak mulia. Sebagai panduan berkehidupan bagi manusia, al-Qur’an dan al-hadits banyak mengandung perintah untuk berakhlak mulia, dan larangan untuk berakhlak tercela. Jika saja setiap muslim memahami konsep akhlak islami dengan baik dan mengaplikasikannya dalam kehidupan mereka, maka beragam problem baik menyangkut kehidupan pribadi maupun masyarakat dapat dipastikan akan teratasi dengan baik. Berbagai problem yang mendera bangsa ini pada dasarnya diakibatkan oleh sikap pengabaian terhadap pendidikan akhlak. Oleh karena itu, konsep pendidikan akhlak sangat urgen untuk dijadikan bahan baku atau instrumen pokok dalam menentukan kebijakan pendidikan di berbagai institusi pendidikan pada semua jenjang pendidikan yang ada. Pemahaman terhadap konsepsi yang utuh terkait pendidikan akhlak sangat dibutuhkan khususnya bagi mereka yang terlibat dalam dunia pendidikan. Terlebih jika dikaitkan dengan pendidikan (tarbiyah) sebagai sebuah proses yang berkelanjutan sesuai dengan tumbuh dan berkembangnya diri manusia, maka pendidikan akhlak adalah sebuah proses panjang yang tidak dapat dilihat secara parsial. Tulisan ini adalah upaya sederhana dalam mengelaborasi konsep pendidikan akhlak pada beberapa aspeknya, baik deskripsi, faktor-faktor yang mempengaruhi akhlak, tujuan dan ruang lingkup pendidikan akhlak, karakteristik dan urgensi pendidikan akhlak dalam perspektif Islam.