MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 200 JAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PAI pada siswa kelas VIII.C SMP Negeri 200 Jakarta khususnya pada standar kompetensi zakat perniagaan melaui penerapan model pembelajaran Make A Match. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tiga pertemuan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian mengguanakan lembar observasi dan lembar test kepada siswa setelah pelaksanaan siklus satu dan perlakuan model pada akhir siklus dua. Objek tindakan yang terlihat dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VIII.C SMP Negeri 200 Jakarta pada semester dua tahun pelajaran 2013 – 2014 selama bulan Januari – Juni tahun 2014.Hasil Penelitian Menunjukkan bahwa keterlibatan peserta didik meningkat dari siklus satu ke siklus dua. Peningkatan tersebut berkonsentrasi dan perhatian secara penuh pada penjelasan guru dari 71% menjadi 86%. Persiapan peserta didik juga meningkat ada peningkatan mempersiapkan diri untuk menghadapi materi pembelajaran dari 71% menjadi 94%. Diketahui juga adanya peningkatan peserta didik yang aktif mencari sumber belajar dan Make A Match dari 63% menjadi 71%. Kemampuan peserta didik dalam menjawab pertanyaan guru juga meningkat yaitu dari 43% menjadi 71%. Dan berdasarkan hasil pretest dan postest dari siklus satu ke siklus dua yaitu dari skor 1910 menjadi 2500 dan dari 2570 menjadi 3150. Ketuntasan belajar siswa otomatis meningkat dari 20% menjadi 43% dan dari 46% menjadi 86%.