MODEL PEMBELAJARAN BERKARAKTER DALAM PERSPEKTIF AL-QURAN (PADA SEKOLAH ISLAM TERPADU FULL DAY SCHOOL)

Abstract

Model Pembelajara berbasis Al-Qurân merupakan pengembangan dari model pembelajaran konvensioanal digabungkan dengan nilai-nilai karakter yang terdapat pada kisah nabi Ibrahim. Dari sekian banyak nilai karakter dalam Al-Qurân maka penulis membatasi kepada nilai karakter yang terdapat pada kisah Nabi Ibrâhîm as yang diabadikan dalam Al-Qurân. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah: metode R & D. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Temuan baru dari penelitian ini adalah memberikan alternatif dan pengembangan yang semula 18 nilai karakter versi Kemendikbud untuk diperluas agar aspek yang belum tersentuh dapat diaplikasikan sebagai upaya mencetak generasi yang berakhlak mulia dan berkarakter. Dengan mengikuti karakter utama Nabi Ibrâhîm as yang diabadikan dalam Al-Qur’ân, terutama pada nilai karakter; kesabaran dan murah hati, munîb/bertaubat, ummah/pemimpin yang sangat perlu diteladani, hanîfâ/yang selalu cenderung kepada kebenaran, mensyukuri nikmat Allah swt, istighfar/memohon ampunan, ketenangan hati, tawakkal/berserah diri kepada Allah swt, ikhlas, dan menebarkan salam. Sehingga dapat dibiasakan kepada siswa sebagai pijakan untuk memperoleh kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat. Penulis menyimpulkan karakter Nabi Ibrâhîm as mengusung teori integral character teosentris. Kata kunci: Model Pembelajaran, Karakter, Nabi Ibrahim a.s