DEKONSTRUKSI PENDIDIKAN KARAKTER DAN IDEALISME PENDIDIK

Abstract

Penelitian ini berupaya menghadirkan wacana pengelolaan pendidikan tidak hanya secara normatif; hanya menyatakan dan menggambarkan (description), tetapi di transformasikan dalam bentuk tindakan performatif; berupa tindakan aktual dan kongkrit. Upaya yang dihadrikan adalah mensinergikan pendidikan karakter berbasis pembebasan. Strategi ini diharapkan dapat menjadi solusi alternatif bagi persoalan- persoalan pelik kehidupan manusia, terutama permasalahan yang berkenaan dengan dinamika perkembangan dunia pendidikan. Upaya ini tidak hanya menuntut sikap profesional dalam pengelolaan pendidikan, tetapi juga komitmen untuk mensinergikan dialektika antara teks yang diajarkan dengan realitas yang ada. Sehingga nantinya tema pendidikan setidaknya dapat dijadikan alternatif bagi pendidikan bangsa ini, apa yang menjadi tujuan dari pembelajaran ini adalah pembebasan atas ketimpangan dan diskriminasi sosial yang terjadi di masyarakat. Dan pada sisi yang lain diharapkan pendidikan dapat mengadvokasi peserta didik dengan mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal (local wishdom) yang egaliter dan humanis.