REVITALISASI KETELADANAN DALAM PENDIDIKAN ISLAM: Upaya Menjawab Peluang dan Tantangan Pendidikan Islam di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)

Abstract

Tergabungnya Indonesia –suka-tidak suka dan sadar-tidak sadar– dengan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) atau ASEAN Economic Community (AEC) saat ini sudah menjadi sebuah keniscayaan relasi yang harus segera dihadapi melalui aksi nyata dan tidak hanya sekadar disikapi secara skeptis. Selain harus meningkatkan atau bahkan memaksimalkan keunggulan (strengthen ) dan meminimalisir kelemahan (weakness) dalam berbagai aspeknya, bangsa Indonesia juga harus menjadikan ketergabungan dalam MEA ini sebagai peluang (prospects) dan sekaligus tantangan (challenges), spesifiknya melalui pendidikan Islam. Makalah ini berupaya mendeskripsikan tentang urgensitas keteladanan atau metode keteladanan dalam pendidikan Islam melalui penelitian kualitatif (qualitative method) dengan pendekatan studi pustaka (library research) melalui teknik dokumentasi dan menggunakan analisis isi (content analysys) secara deskriptis. Dari makalah disimpulkan bahwa keteladanan sangat diperlukan sebagai sebuah ketahanan moral pendidikan dalam menghadapi peluang dan tantangan MEA, karenanya harus dilakukan revitalisasi atau penguatan. Keywords: revitalisasi, keteladanan, pendidikan Islam, masyarakat ekonomi ASEAN