Penyesuaian Sosial pada Mahasiswa Difabel Rungu
Abstract
Auditory system is a very important part of human being. From the system men can receive and realize the sounds around them. As communication is an important part to adapt to the environment (let alone an academical environment), being deaf will certainly impede their communications. This research is conducted to see how social adaptation of the deaf students in an academic environment in higher education settings. This is a qualitative research based on a phenomenology approach. The research shows that the three subjects of the research have a good social adaptation in their academic environment. This success is particularly achieved by using their available personal and social resources. The biggest factors that influence their social adaptations are the acceptance and support from their family. To fully believe in the God’s will also makes them stronger to face the real life as an individual with hearing disability.[Pendengaran merupakan indera yang sangat penting bagi manusia. Melalui indera pendengaran manusia dapat menangkap dan menyadari suara-suara di sekelilingnya. Kehilangan pendengaran pada seseorang akan menghambat komunikasi terhadap lingkungan sekitar, sedangkan komunikasi sendiri merupakan hal yang sangat penting dalam proses menyesuaikan diri di dalam lingkungan sekitar, termasuk lingkungan perkuliahan. Untuk itu dilakukan penelitian yang bertujuan melihat bagaimana penyesuaian sosial pada Tuli yang menempuh pendidikan di bangku perkuliahan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga informan memiliki penyesuaian sosial yang cenderung baik di dalam perkuliahan dengan cara mendayagunakan potensi yang dimilikinya. Faktor terbesar yang mempengaruhi penyesuaian sosial pada ketiga informan adalah penerimaan dan dukungan dari keluarga. Adanya kepercayaan terhadap kuasa Tuhan juga menjadi penguat untuk menjalani kehidupan sebagai individu dengan keterbatasan pendengaran.]