Proses Pengembangan Tabel Periodik Unsur (TPU) Braille untuk Siswa Difabel Netra
Abstract
One of the challenging subjects in chemistry for students with visual impairment is the periodic table, known in bahasa Indonesia as SistemPeriodikUnsur ( SPU). The common method of teaching currently used for this subject is lecture, with occasional use of tactile demonstration where the teacher or lecturer describes the visual component by drawing the object on thestudent’s palm or back. In short, students with visual impairment learn the periodic tableby relying heavilyon their memory.Based on this teaching challenge, this developmental research undertakesthe development of a Braille version of the periodictable that will enable a blind student to properly learn chemistry. This Braille model is an accessible, tactual based learning tool that enables blind students to learn independently through experience.[Salah satu materi pembelajaran kimia yang termasuk sulit diajarkan kepada siswa difabel netra adalah materi Sistem Periodik Unsur (SPU). Guru menyampaikan materi SPU kepada siswa difabel netra dengan metode ceramah. Guru memperkenalkan berbagai unsur dalam susunan periodik dengan bercerita dan sesekali memberikan gambaran dengan rabaan pada tangan atau punggung. Oleh karena itu, siswa difabel netra hanya mengandalkan ingatan dalam mempelajari materi tersebut.Pengembangan TPU Braille untuk siswa difabel netra ini diharapkan dapat menjadi media bagi siswa difabel netra untuk belajar kimia dan dapat memenuhi kebutuhan siswa difabel netra akan media dan alat bantu. Pengembangan TPU Braille untuk siswa difabel netra memenuhi media yang assestive bagi siswa difabel netra yang bersifat taktual. Siswa difabel netra dapat belajar dengan pengalaman mereka sendiri dan tidak merasa diperlakukan berbeda diantara yang lain sehingga motivasi dalam belajar kimia siswa difabel netra dapat tumbuh meskipun dengan keterbatasan yang dimiliki.]