Efektivitas Media E-Majalah dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar
Abstract
Di era revolusi industri 5.0 dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, literasi matematika sangat penting bagi siswa. Media pembelajaran e-majalah merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan literasi matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media e-majalah untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Ekperimental yang dilakukan di SD Negeri 13 Biru, Kabupaten Bone pada kelas V dengan jumlah sampel 22 siswa sebagai kelas eksperimen dan 22 siswa sebagai kelas kontrol. Kemudian, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Data, selanjutnya, dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum diterapkannya media e-majalah di kelas V SD Negeri 13 Biru kabupaten Bone dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata untuk pretest kelas eksperimen 55.77 dan kelas kontrol mencapai 50.68. Kemudian, setelah diterapkannya media e-majalah dapat dilihat pada nilai rata-rata postest kelas eksperimen mencapai 82.68 dan kelas kontrol mencapai 71.23 dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada pembelajaran matematika mencapai 70. Kemudian, berdasarkan hasil uji Independent Sample T-Test literasi matematika siswa, diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil dari α yaitu 0,05 (0,000 0,05). Dengan demikian, H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga pembelajaran matematika dengan penerapan media e-majalah efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa sekolah dasar, khususnya di kelas V SD Negeri 13 Biru, Kabupaten Bone.