Pengaruh Metode Pembelajaran Demonstrasi terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa, khususnya materi kalimat matematika dan perhitungan, di kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis eksperimen, khususnya pre-experimental design dengan model one group pretest-posttest. Adapun populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Inpres 5/81 Tibojong, Kabupaten Bone yang berjumlah 28 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Kemudian, data dikumpulkan dengan menggunakan teknik tes yang berbentuk uraian. Hasil tes tersebut lalu dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Dari analisis tersebut ditemukan hasil bahwa hasil belajar siswa, khususnya pada materi kalimat matematika dan perhitungan, di kelas IV mengalami peningkatan yang signifikan. Hal itu dilihat dari hasil rata-rata pretest sebesar 69,7 dan mengalami peningkatan di posttest menjadi 76,8. Hasil tersebut menunjukkan bahwa metode demonstrasi memberikan pengaruh signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV Sekolah Dasar, khususnya di SD Inpres 5/81 Tibojong, Kabupaten Bone.