Efektivitas Media Monopoli dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media monopoli dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pre-experimental design yaitu one group pretest-posttest design. Dalam penelitian ini yang menjadi sampel adalah seluruh siswa kelas IV MIS Arrahman Pajekko berjumlah 13 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes keterampilan berpikir kritis berbentuk pilihan ganda. Kemudian, dilakukan analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial melalui program aplikasi jamovi. Hasil penelitian ini yaitu : a) keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA kelas IV MIS Arrahman Pajekko sebelum (pretest) menggunakan media monopoli memiliki persentase sebesar 77% pada kategori rendah, 23% pada kategori sedang, dan 0% pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 26,9; b) keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA kelas IV MIS Arrahman Pajekko setelah (posttest) menggunakan media monopoli memiliki persentase sebesar 0% pada kategori rendah, 70% pada kategori sedang, dan 30% pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 58,5; dan c) hasil uji hipotesis paired sample t-test diperoleh nilai sig (2-tailed) taraf signifikan yaitu 0.001 0.05 yang menandakan H₀ ditolak dan H₁ diterima. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penggunaan media monopoli efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA kelas IV Madrasah Ibtidaiyah, khususnya di MIS Pajekko.