Studi Kritis Terhadap Pemikiran Pendidikan Islam Ibn Maskawaih, Al-Ghazali dan Ibn Khaldun

Abstract

Ibn Maskawaih, Al-Ghazali dan Ibn Khaldun adalah tiga tokoh pemiiran Islam, bahkan tiga tokoh ini juga dikenal   memiliki konsep yang cukup terkenal dalam   pendidikan   Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan pemikiran pendidikan islam ibn Maskawaih, Al-Ghazali Dan Ibn Khaldun.  penelitian   ini menggunakan  penelitian    library    riset,    dengan  mengumpulkan  artikel-artikel  dan  sumber    terdahulu. Hasil    dari  penelitian    ini    mengungkapkan    bahwa  Ibn    Miskawaih    menitik    beratkan    permasalahan    moral masyarakat, fitrah  manusia,.  Adapun  Imam  Al-Ghazali  merupakan  pemikir  Islam  yang  terkemuka,  baik dalam  pendidikan,  tasawuf,  fiqih,  akhlak  dan  sebagainya.  Sedangkan  pandangan  Ibn  Khaldun  fungsi puncak akal adalah pengambaran (konseptualisasi) realitas secara objektif, detail dan mendalam dengan rangkaian  kausalitas  di  dalamnya.  Dengan  fungsi  tersebut,  akal  mampu  mencapai  perkembangan sempurna  dan  tercerahkan.  Meskipun  dalam  Muqaddimah  Ibn  Khaldun  memuji  kedudukan  manusia karena akalnya, tetapi akal memiliki garis batas yang jelas.