Problematika dan Solusi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti di Kelas III Sekolah Dasar Perti Padang

Abstract

Pendidikan sangat penting bagi setiap individu dalam meningkatkan pengetahuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis problematika dan solusi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas III di Sekolah Dasar PERTI Padang. Untuk memudahkan proses penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi, teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis peroleh menunjukan bahwa kurikulum merdeka sudah diterapkan di Sekolah Dasar PERTI Kota Padang. Problematika yang terdapat di Sekolah Dasar PERTI Kota Padang, yaitu kurangnya motivasi perserta didik terhadap materi ajar, materi ajar kelas III BAB I kurang dipahami peserta didik, dan kurangnya alokasi waktu pembelajaran. Sedangkan solusinya, yaitu pelatihan dan pengembangan professional, penggunaaan media pembelajaran, meningkatkan motivasi peserta didik, dan kolaborasi dengan orang tua.