Analisis Minat Belajar Matematika Dengan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 39 Lubuk Linggau

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis minat matematika siswa kelas IV SD Negeri 39 Lubuklinggau menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Jenis penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif persentase. Seluruh siswa kelas IV menjadi populasi, dengan kelas IV A yang dipilih sebagai sampel. Instrumen yang digunakan adalah angket non-tes, yang memiliki 10 pernyataan yang dirancang guna melakukan pengukuran terhadap peningkatan minat siswa melalui penerapan model pembelajaran TGT. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan angket. Berdasarkan hasil kuesioner bahwa tiga dari empat indikator yang diuji memperoleh hasil yang tinggi. Seperti rasa senang yang mendapat presentase sebesar 100%, ketertarikan untuk belajar sebesar 87%, menunjukkan perhatian saat belajar dan keterlibatan dalam belajar yang memperoleh sama besar 64%. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan diketahui bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Teams Games Tournament (TGT) pada peserta didik kelas IV dapat meningkatkan minat belajar.