Penggunaan Media Loose Parts Dalam Pembelajaran Eksperimen Massa Benda di Sekolah Dasar
Abstract
Loose parts adalah bahan sederhana yang ada di kawasan sekitar, seperti batu, kayu, dan barang daur ulang yang digunakan untuk mendukung pemahaman konsep massa dan gaya melalui pengalaman langsung, metode ini dapatĀ meningkatkan interpretasi siswa terhadap sains, menumbuhkan kreativitas, kecakapan dalam sosial emosional, dan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini menganalisis pengaplikasian media loose parts dalam pembelajaran eksperimen massa benda di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kepustakaan, dimana seluruh data diambil melalui buku, jurnal dan dokumen yang berkaitan dengan tema penelitian. Hasil penelitian membuktikan bahwa pengaplikasian loose parts memberikan dampak baikĀ terhadap perkembangan kognitif, motorik, dan kolaborasi siswa, sambil menciptakan pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Namun, keberhasilannya memerlukan persiapan yang matang dan pelatihan guru agar implementasinya efektif. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan loose parts sebagai metode pembelajaran yang inovatif dan holistik untuk memperkaya pengalaman belajar siswa di sekolah dasar.