Model Pembelajaran Lok-R Pada Mata Pelajaran PAI Dan Budi Pekerti di Sekolah Dasar Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran LOK-R (Literasi, Orientasi, Kolaborasi, Refleksi) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada siswa kelas V di SD Hj.Isriati Baiturrahman 2 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif-kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes capaian belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa model LOK-R memberikan pengaruh positif terhadap pemahaman dan hasil belajar siswa, meskipun terdapat beberapa kendala dalam penerapannya, seperti keterbatasan waktu untuk refleksi dan kesulitan siswa dalam beradaptasi dengan kerja kelompok. Model ini terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman materi dan keterampilan sosial siswa, materi yang membutuhkan pemahaman mendalam. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya manajemen waktu yang lebih baik dan pendampingan khusus bagi siswa dengan keterampilan literasi rendah untuk mengoptimalkan penerapan model LOK-R.