Manajemen Kurikulum Pesantren Dalam Meningkatkan Pemahaman Moderasi Keagamaan di Pondok Pesantren As’ad Kota Jambi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi manajemen kurikulum di Pondok Pesantren As'Ad, khususnya di Madrasah Aliyah Swasta (MAS) As'Ad, dalam meningkatkan pemahaman moderasi beragama. Tujuan utama penelitian ini adalah agar MAS As'Ad menjadi pondok yang memahami dan menerapkan nilai-nilai moderasi beragama, sehingga para santri dapat menjadi negarawan yang baik dan garda terdepan menuju Indonesia Emas. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, display data, verifikasi data, dan uji kepercayaan menggunakan triangulasi data. Lokasi penelitian berada di MAS As'Ad, Olak Kemang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pondok Pesantren As'ad Kota Jambi telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama melalui manajemen kurikulum yang efektif dan pendekatan pendidikan yang holistik. Dengan mengintegrasikan pendidikan formal dan nonformal, serta menerapkan metode pembelajaran interaktif seperti qissuh  (bercerita) dan halaqah. Kurikulum yang diterapkan mengintegrasikan nilai-nilai moderasi Islam, menghasilkan santri yang memiliki pemahaman agama yang inklusif dan seimbang antara ilmu agama dan pendidikan umum. Serta penerapan nilai-nilai tawassuth, i'tidal, tasamuh, dan qudwah dalam kurikulum telah memberikan dampak positif terhadap pemahaman moderasi keagamaan di kalangan santri. Santri tidak hanya dilatih untuk menghargai perbedaan, tetapi juga didorong untuk berkontribusi aktif dalam masyarakat sebagai agen perdamaian.