Tafsir Alquran Sebagai Sumber Inspirasi Dalam Pengembangan Metode Pembelajaran Islam

Abstract

Tafsir Al-Qur'an dijelaskan sebagai proses membuka dan menerangkan makna ayat-ayat yang sulit dipahami, sebagaimana dilakukan oleh Nabi Muhammad dan para sahabatnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep tafsir Al-Qur'an dan implementasi metode pembelajaran Islam yang terinspirasi dari Al-Qur'an. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kepustakaan, dimana seluruh data diambil melalui buku, jurnal dan dokumen yang berkaitan dengan tema penelitian. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa dalam konteks pembelajaran, metode yang digunakan pendidik juga terinspirasi dari Al-Qur'an, seperti metode ceramah, kisah, dan rihlah/karyawisata, yang terbukti efektif dalam menyampaikan ilmu dan membangun karakter peserta didik. Metode pembelajaran Islam yang variatif menjadi kunci dalam menciptakan suasana belajar yang menarik, interaktif, dan relevan dengan kebutuhan peserta didik. Pemilihan metode yang tepat, seperti ceramah yang dikombinasikan dengan kisah atau diskusi, bertujuan untuk mempermudah pemahaman materi, meningkatkan keterlibatan peserta didik, dan menciptakan pembelajaran yang bermakna. Selain itu, implementasi langkah-langkah pembelajaran yang terstruktur, seperti membuka dengan doa dan salam, melakukan apersepsi, hingga memberikan ruang untuk bertanya, membantu memastikan proses belajar mengajar berjalan efektif.