Implementasi Metode Snowball Throwing Dalam Meningkatkan Partisipasi dan Pemahaman Siswa di Elsusi Meldina
Abstract
Pendidikan saat ini menghadapi tantangan untuk menciptakan pembelajaran yang efektif, interaktif, dan partisipatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi metode Snowball Throwing dalam meningkatkan partisipasi dan pemahaman siswa di Elsusi Meldina. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan pengajaran langsung pada siswa kelas 5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Snowball Throwing efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa melalui aktivitas kelompok yang melibatkan pembuatan pertanyaan, diskusi, dan lempar bola salju. Selain meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi, metode ini juga melatih keterampilan berpikir kritis, komunikasi, dan kerja sama. Namun, beberapa kendala ditemukan, seperti kebutuhan waktu yang panjang, potensi gangguan di kelas, dan ketergantungan pada kompetensi ketua kelompok. Kesimpulannya, metode Snowball Throwing memberikan dampak positif pada partisipasi dan pemahaman siswa, dengan catatan bahwa guru perlu mengelola kelas secara efektif untuk mengoptimalkan hasil pembelajaran.