Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Membandingkan Dan Mengurutkan Pecahan Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah
Abstract
Pembelajaran konsep pecahan, khususnya dalam membandingkan dan mengurutkan pecahan, sering kali menjadi tantangan bagi siswa karena sifat abstrak dari materi tersebut. penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lintasan belajar yang dirancang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Bases Learning/ PBL) untuk membantu siswa memahami materi dengan lebih mendalam. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Informan dalam penelitian ini siswa kelas 5 di sekolah dasar, sebanyak 25 siswa terlibat dalam kegiatan pembelajaran yang dirancang selama tiga pertemuan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi membandingkan dan mengurutkan pecahan. Model ini tidak hanya membuat pembelajaran menjadi lebih kontekstual dan bermakna tetapi juga mengembangkan keterampilan kolaborasi dan berpikir kritis dalam pemecahan masalah siswa. Penerapan PBL juga berhasil memfasilitasi pemahaman visual siswa melalui penggunaan alat bantu seperti garis bilangan dan manipulatif konkret, yang membantu siswa membandingkan pecahan secara lebih mudah.