Desain Lintasan Belajar Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Menemukan Rumus Luas Permukaan Tabung di Kelas IX SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lintasan belajar berbasis model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam rangka membantu siswa kelas IX SMP menemukan rumus luas permukaan tabung. Pendekatan design research digunakan dalam penelitian ini dengan tahapan preparation phase, design phase, dan retrospective analysis. Subjek penelitian melibatkan 32 siswa kelas IX di SMP Negeri 4 Tanjungbalai. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, tes, dan analisis dokumen. Lintasan belajar yang dikembangkan berfokus pada pemberian masalah kontekstual yang relevan dengan kehidupan sehari-hari, seperti menghitung luas permukaan tabung pada kaleng atau wadah tertentu. Proses pembelajaran dimulai dengan eksplorasi masalah menggunakan LKPD dan peralatan yang sudah di bawa dari rumah, seperti toples atau wadah yang berbentuk tabung,kertas origami, penggaris, pensil dan alat tulis lainnya, dilanjutkan dengan diskusi kelompok untuk memecahkan masalah yang ada pada LKPD, dan diakhiri dengan presentasi hasil oleh setiap kelompok. Temuan penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) efektif dalam meningkatkan pemahaman konseptual siswa terhadap konsep geometri, khususnya luas permukaan tabung. Siswa mampu mengonstruksi pemahaman dengan mengidentifikasi elemen tabung, seperti jari-jari, diameter, dan tinggi, serta mengintegrasikan konsep lingkaran untuk menemukan rumus luas permukaan. Hasil analisis retrospektif menunjukkan bahwa pendekatan PBL memfasilitasi proses berpikir kritis, kolaborasi, dan kemampuan komunikasi matematis siswa. Selain itu, siswa menunjukkan kemampuan untuk mengaitkan konsep yang dipelajari dengan situasi nyata, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan model pembelajaran PBL dalam pembelajaran matematika untuk materi geometri sebagai alternatif inovatif yang mendorong keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar.