Pengembangan Media Pembelajaran Digital Math Smart Materi KPK FPB Kelas V Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Pembelajaran interaktif melalui teknologi yang relevan dengan kebutuhan siswa menjadi urgensi di era pembelajaran abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan aplikasi pembelajaran Math Smart materi KPK FPB yang valid dan praktis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Research and Development model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa angket validasi dan angket respon guru. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa media digital Math Smart memenuhi kriteria valid karena memperoleh persentase kevalidan sebesar 94,5% dengan kategori sangat valid sesuai standar kriteria dan memenuhi kriteria praktis karena hasil angket respon guru dan siswa masing-masing memperoleh persentase 98% dan 92% dengan kategori sangat praktis.  Persentase tersebut membuktikan bahwa media ini layak digunakan untuk menunjang pembelajaran. Math Smart sebagai media digital yang edukatif, interaktif, dan fleksibel sehingga mendorong siswa untuk memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap teknologi dan memicu semangat belaajar siswa.