Manfaat Aplikasi Berbasis Android Dalam Mata Pelajaran IPAS

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, khususnya aplikasi berbasis Android, telah memberikan dampak signifikan dalam pendidikan, terutama dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPAS). Penelitian ini bertujuan untuk melakukan tinjauan literatur yang komprehensif mengenai manfaat aplikasi berbasis Android siswa. Metode yang digunakan adalah literature review dengan menganalisis 18 artikel relevan yang membahas efektivitas aplikasi dalam konteks pembelajaran IPAS. Hasil analisis menunjukkan bahwa aplikasi berbasis Android memiliki manfaat positif yang signifikan   siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPAS). Analisis terhadap 18 artikel yang relevan mengindikasikan bahwa aplikasi ini dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran, motivasi, dan keterlibatan siswa. Pengembangan media pembelajaran yang interaktif dan mudah diakses membantu siswa memahami konsep-konsep IPAS dengan lebih baik, serta menyediakan akses ke berbagai sumber belajar dan umpan balik instan. Selain itu, integrasi model pembelajaran yang tepat dengan aplikasi Android dapat meningkatkan partisipasi dan kemampuan berpikir kritis siswa