Pengembangan Media Busy House Untuk Meningkatkan Konsentrasi Anak Usia Dini

Abstract

Masalah pada anak usia dini menjadi perhatian utama dalam ranah pendidikan, seperti halnya kemampuan konsentrasi pada anak. Kemampuan konsentrasi merupakan salah satu kunci pengembangan anak usia dini yang dapat memengaruhi keberhasilan proses belajar mereka. Dalam hal ini, sangat diperlukan stimulasi yang tepat karena tidak semua anak memiliki kemampuan konsentrasi yang baik dan optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menciptakan sebuah alat permainan edukatif yang diberi nama Busy House, yang dirancang untuk dapat meningkatkan kemampuan konsentrasi anak melalui aktivitas yang menarik dan interaktif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode RnD (Research and Development) dengan menerapkan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa anak-anak yang menggunakan media ini mampu berkonsentrasi lebih baik dan lebih terlibat dalam aktivitas belajar. Penggunaan Busy House membantu anak-anak dalam memahami konsep-konsep dasar, seperti pengenalan waktu, angka, dan keterampilan motorik halus, dengan cara yang menyenangkan. Aktivitas ini tidak hanya membuat mereka lebih fokus, tetapi juga meningkatkan keterampilan sosial dan emosional mereka saat berinteraksi dengan teman-teman sebayanya. Kesimpulan bahwa media Busy House memberikan pengaruh yang baik terhadap peningkatan konsentrasi anak usia dini. Sehingga, diharapkan media Busy House ini dapat dijadikan alternatif yang efektif dan menarik untuk meningkatkan kemampuan konsentrasi anak usia dini.