Strategi Branding Image dalam Meningkatkan Daya Saing di Madrasah Tsanawiyah
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengeksplor Strategi Branding Image dalam Perencanaan dan pelaksanaan, faktor pendukung dan faktor penghambat Strategi Branding Image Dalam Meningkatkan Daya Saing di Madrasah Tsanawiyah Tungkal Ulu. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif melalui pendekatan eksploratif dengan menggunakan insrumen pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kondensasi data (Condensation), penyajian data (Data Display), dan penarikan kesimpulan (Verification). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Strategi yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan daya saing di Madrasah Tsanawiyah Tungkal Ulu dengan perencanaan yaitu melakukan sosialisasi meningkatkan prioritas kedisiplinan dan meningkatkan kegiatan extrakurikuler yang lebih efektif serta gratisnya uang komite perbulan dan uang biaya masuk tanpa di pungut biaya. Pelaksanaan Branding Image oleh kepala sekolah dalam meningkatkan daya saing di Madrasah Tsanawiyah Tungkal Ulu yaitu kepala sekolah dan panitia masuk ke setiap kelas VI (enam) dengan bersosialisasi mempromosikan Madrasah Tsanawiyah Tungkal Ulu, selanjutnya kepala sekolah menjelaskan kepada murid kelas VI (enam) tentang pilihan program extrakurikuler sesuai minat dan bakat mereka, setelah itu kepala sekolah menjelaskan kepada murid-murid kelas VI (enam) tentang sudah gratisnya uang komite perbulan dan uang biaya masuk tanpa di pungut biaya di Madrasah Tsanawiyah Tungkal Ulu.