Narrative Review: Digital Media in English Language Learning
Abstract
Media pembelajaran digital merupakan salah satu alat yang dapat dimanfaatkan sebagai perantara dalam proses pembelajaran untuk mengkomunikasikan informasi dari guru kepada siswa. Media pembelajaran digital sangat penting untuk meningkatkan kemampuan belajar bahasa Inggris siswa. Media pembelajaran digital mendorong partisipasi aktif dan merangsang rasa ingin tahu tentang apa yang diajarkan guru. Pandemi Covid-19 membuat peran media pembelajaran digital semakin nyata. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan naratif untuk mengidentifikasi dan merangkum artikel jurnal yang telah dipublikasikan sebelumnya. Data berupa artikel dikumpulkan menggunakan aplikasi Publish or Perish. Data tersebut kemudian disortir berdasarkan kriteria yang ditentukan. Peneliti memperoleh 19 artikel yang layak untuk ditinjau. Peneliti meninjau dan menemukan bahwa jenis media pembelajaran digital yang paling umum digunakan dalam mata pelajaran bahasa Inggris SMA adalah Google Classroom, YouTube, Moodle dan Zoom, WhatsApp, Edmodo, Video Blog, dan Instagram. Platform ini terbukti dapat meningkatkan keterlibatan siswa, hasil belajar, dan kreativitas. Analisis komprehensif tentang penggunaan media pembelajaran digital dalam mata pelajaran bahasa Inggris SMA memberikan wawasan bagi para pendidik dan pembuat kebijakan, yang menekankan pentingnya mengintegrasikan platform ini ke dalam lingkungan belajar. Penelitian lebih lanjut dapat membahas penggunaan media digital dalam pembelajaran mata pelajaran lain seiring dengan perkembangan teknologi. _______________________________________________________________________________ Digital learning media is a tool that can be utilized as an intermediate in the learning process to communicate information from teachers to students. It is crucial to improve students' English language learning skills. It encourages active participation and stimulates curiosity about what teachers teach. The Covid-19 pandemic has made the role of digital learning media increasingly realistic. This study used a narrative review method to identify and summarize previously published journal articles. Data in the form of articles were collected using the Publish or Perish application. The data was then sorted according to the specified criteria. The researcher obtained 19 articles that were eligible for review. The researcher reviewed and found that the most common digital learning media types in high school English subjects were Google Classroom, YouTube, Moodle and Zoom, WhatsApp, Edmodo, Video Blog, and Instagram. These platforms have been shown to enhance student engagement, learning outcomes, and creativity. The comprehensive analysis of the use of digital learning media in high school English subjects provides insights for educators and policymakers, emphasizing the importance of integrating these platforms into the learning environment. Further research can discuss the use of digital media in learning other subjects along with technological developments. Â