Pengaruh Model Pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) terhadap Kemampuan Literasi Matematis Ditinjau dari Self-efficacy Siswa
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) terhadap kemampuan literasi matematis ditinjau dari self-efficacy siswa. Penelitian ini menggunakan jenis quasi experimental bentuk nonequivalent posttest-only control group design. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIIB dan VIIE, dengan pemilihan sampel secara cluster ramdom sampling. Pengambilan data menggunakan instrumen tes dan non-tes, lembar observasi, pedoman wawancara serta angket validasi. Teknik analisa data dilakukan melalui analisa tahap awal dengan uji independent sample t-Test untuk mengetahui keseimbangan kemampuan awal siswa, serta tahap akhir dengan uji anava dua jalan dan uji pasca anava yaitu uji scheffe. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Kemampuan literasi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran SSCS lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran langsung; 2) Terdapat perbedaan kemampuan literasi matematis antara siswa dengan self-efficacy tinggi, sedang, dan rendah 3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan self-efficacy terhadap kemampuan literasi matematis.