Effectiveness of Cognitive Behavior Therapy (CBT) Group Counseling to Increase Self-Determination in Middle School Students

Abstract

Determinasi diri menjadi faktor penting dalam menjalani kehidupan. Penyebab determinasi diri yang rendah karena adanya dominasi pikiran negatif. Determinasi diri mampu ditingkatkan dengan melalui berbagai upaya atau usaha salah satunya ialah dengan melawan pikiran negatif melalui konseling cognitive behavior therapy. Tujuan atau maksud dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan determinasi diri melalui kegiatan konseling kelompok cognitive behavior therapy. Penelitian kuantitatif berupa jenis pre-eksperimen one group pre-test post-test design yang mengambil sampel melalui teknik simple random sampling sehingga menjadi acuan dalam metode penelitian ini. Penerapan intstrumen atau pelaksanaan instrumen dalam penelitian ini ialah dengan menggunakan skala determinasi diri yang telah teruji validitas dan reliabilitas. Dari pelaksanaan penelitian yang telah dilakukan menyatakan bahwa hasil pelaksanaan konseling kelompok cognitive behavior therapy efektif dalamĀ  meningkatkan determinasi diri siswa kelas VIII SMP PGRI 1 Buduran Sidoarjo, dengan hasil uji statistik perhitungan uji Wilcoxon yang bernilai signifikansi (2-tailed) yaitu 0,042 < 0,05.