Individual Counseling Guide Rational Emotive Behavior Therapy Approach Self-Talk Technique for Guidance and Counseling Teachers
Abstract
Layanan konseling individual merupakan layanan dalam membantu mengentaskan masalah siswa. Salah satu pendekatan yang dapat membantu siswa adalah pendekatan konseling Rational Emotif Behavior Therapy (REBT) teknik Self-Talk. Akan tetapi pendekatan ini tidak digunakan oleh guru Bimbingan dan Konseling (BK) oleh karenanya penting bagi guru BK di SMA untuk memiliki panduan yang lengkap agar dapat mengimplementasikan pendekatan ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan panduan konseling individual dengan pendekatan REBT teknik Self Talk pada Guru BK SMA di Palangka Raya. Metode penelitian pada penelitian ini menggunakan metode pengembangan atau Research and Development (R&D). Prosedur penelitian pengembangan ini mengunakan model 4D (four D) yaitu Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Develop), Penyebaran (Disseminate). Populasi dari penelitian ini adalah Guru BK SMA di Kota Palangka Raya yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakankuantitatif dan kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa panduan telah tervalidasi dan telah mendapatkan penilaian dari para uji ahli. Ahli media dengan akumulasi nilai kelayakan sebesar 1.109 dihitung berdasarkan nilai kofisien masuk kedalam tinggi yang berarti layak digunakan. Ahli materi dengan akumulasi nilai kelayakan sebesar 0.945 di hitung berdasarkan nilai kofisien masuk kedalam tinggi yang berarti layak. Ahli praktisi memiliki akumulasi nilai kelayakan sebesar 1.16 yang dinyatakan layak untuk digunakan , serta telah melakukan uji kelompok kecil dengan nilai hasil perhitungan diperoleh effect size sebesar 0,904 maka dapat disimpulkan bahwa uji tersebut berkriteria efek tinggi.Keterbatasan penelitian ini adalah hanya diuji pada kelompok kecil belum pada kelompok besar.