The Influence of Group Guidance Services Based on Problem Based Learning Approach on Improving Students' Critical Thinking Skills

Abstract

Seseorang yang sukses tidak hanya ditentukan oleh kecerdasan intelektualnya saja, tetapi juga sangat ditentukan oleh kemampuan berpikir kritis. Sedangkan kondisi di lapangan ditemukan siswa memiliki kemampuan berpikir kritis yang rendah. Untuk itu, kemampuan berpikir kritis siswa perlu ditingkatkan. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis adalah melalui bimbingan kelompok pendekatan problem based learning. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimenkuantitatif dengan desain one group pree-test-post-test design. Penentuan sampel menggunakan simpel random sampling dengan jumlah sampel 10 siswa. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik nontes dengan menggunakan skala likertyaitu skala kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukan bahwa bimbingan kelompok pendekatan problem based learning berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dilihat dari mampu mengklarifikasi, mampu melakukan penilaian, mampu membuat kesimpulan, mampu memilih strategi.