ANALISA HASIL PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANTARA SISWA YANG TINGGAL DI DALAM DANDI LUAR PONDOK SUNAN AMPEL PADA SISWA KELAS VIII SMP SUNAN AMPEL JOMBANG
Abstract
Prestasi belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor antara lain faktor internal, faktor eksternal dan faktor pendekatan belajar. Tujuan umum yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menganalisa perbedaan Hasil Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Antara Siswa yang Tinggal di dalam dan di luar Pondok Sunan Ampel pada siswa kelas VIII SMP Sunan Ampel Jombang. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan Hasil Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Antara Siswa yang Tinggal di dalam dan di luar Pondok Sunan Ampel pada siswa kelas VIII SMP Sunan Ampel Jombang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan komparatif (membandingkan). Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Sunan Ampel kelas VIII yang berjumlah 127 siswa, sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 64 siswa. Analisis data penelitian menggunakan uji komparasi yang perhitungannya menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) Nilai UTS mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa yang tinggal di dalam Pondok Pesantren sebesar 70 dan nilai maksimalnya sebesar 90 dengan rerata sebesar 80,47. (2) siswa yang tinggal di luar Pondok Pesantren Nilai UTS sebesar 70 dan nilai maksimalnya sebesar 90 dengan rerata sebesar 78,59. (3) Hasil nilai uji t menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan hasil Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam antara Siswa yang Tinggal di dalam dan di luar Pondok Sunan Ampel pada siswa kelas VIII SMP Sunan Ampel Jombang. Jadi Ho yang diajukan diterima.